Grand Canyon Indonesia

Hay guys….Setelah lama menulis tentang hal-hal yang berbau serius dan agak serius, ane mau berbagi informasi, cerita dan pengalaman ane tentang wisata alam. Refreshing dikit lah, ditengah-tengah kejenuhan paling enak ya berlibur di alam…. Kali ini ane akan mebahas tentang keindahan Grand Canyon. Ups jangan salah tafsir dulu yah, Grand Canyon yang ane maksut bukan Grand Canyon yang di Amrik, tapi Gran Canyon yang di Indonesia, penasaran? Nyok, monggo silakan disimak.

Grand Canyon, jika mendengar nama ini, pasti yang terlintas di benak kita adalah keindahan alam perbukitan di Amerika yang terbelah-belah secara alamiah dengan keindahan tebing yang menakjubkan dengan aliran sungai di antara tebing-tebing tersebut. Tapi tahukah kamu, di negeri kita tercinta ini, yang terkenal dengan keindahan alamnya, ternyata juga memiliki keindahan alam yang mirip dengan Grand Canyon Amerika tersebut. Sebut saja Gand Canyon Indonesia.

Perbandingan Grand Canyon Amerika dan Grand Canyon Indonesia

Grand Canyon Indonesia terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat. Dari Kota Ciamis sendiri berjarak sekitar 130 km atau jika dari Pangandaran berjarak sekitar 31 km. Sebenarnya tempat ini punya nama asli yaitu Cukang Taneuh. Nama Green Canyon sendiri dipopulerkan oleh seorang warga Perancis pada tahun 1993. Sedangkan Cukang Taneuh punya arti yaitu jembatan tanah. Hal itu dikarenakan di atas lembah dan jurang Green Canyon terdapat jembatan dari tanah yang digunakan oleh para petani di sekitar sana untuk menuju kebun mereka.

Objek wisata ini sebenarnya merupakan aliran dari sungai Cijulang yang melintas menembus gua yang penuh dengan keindahan pesona stalaktif dan stalakmitnya. Selain itu daerah ini juga diapit oleh dua bukit, juga dengan banyaknya bebatuan dan rerimbunan pepohonan. Semuanya itu membentuk seperti suatu lukisan alam yang begitu unik dan begitu menantang untuk dijelajahi.

Untuk mencapai lokasi ini wisatawan harus berangkat dari dermaga Ciseureuh. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan menggunakan perahu tempel atau kayuh yang banyak tersedia di sana. Jarak antara dermaga dengan lokasi Green Canyon sekitar 3km, yang bisa ditempuh dalam waktu 30-45 menit. Sepanjang perjalanan kita akan melewati sungai dengan air berwarna hijau.

Perjalanan Menuju Lokasi Gand Canyon dari Dermaga Perahu

Gambar Jalur Masuk (Jalur Masuk Jelajah) Grand Canyon Indonesia

Sesampainya di jalur masuk jelajah grand canyon, perahu tidak bisa masuk lebih jauh lagi dikarenakan jalur yang sudah berliku-liku dan berbukit-bukit. Disinilah jalur jelajah grand canyon dimulai. Maka mau tidak mau kita harus turun dari kapal dan melanjutkan perjalanan dengan berenang dan jalan kali. Namun tidak usah khawatir, di setiap perahu yang kita tumpangi telah disediakan pelampung dan dapat kita gunakan sebagai pengaman, selain itu, kru kapal juga akan memandu kita selama penjelajahan.

Selama melakukan penjelajahan, rute yang harus dilalui sangat berfariasi, mulai dari berenang untuk menyebrang dari satu tebing ke tebing lain, berenang melawan arus, mendaki bukit yang terjal dan licin, dsb. Walaupun medannya cukup berat, tapi percaya deh semuanya bener-bener kebanyar. Keindahan tebing-tebingnya, stalaktit dan stalagmitnya…kemudian cucuran air tanah dari atas bukitnya….Sungguh pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Di bagian akhir penjelajahan, kita akan menemukan sisi kiri tebing yang lumayan curam dan berair namun masih bisa untuk di panjat. Di atas tebing tersebut terdapat cekungan yang berisi air. Cekungan inilah yang diyakini masyarakat sekitar sebagai tempat pemandian putri-putri pada jaman dahulu.

Selain rute perjalanan yang sangat menantang dan pemandangan yang menakjubkan, ditengah penjelajahan grand canyon terdapat tebing setinggi 4 meter dimana perairan di bawah tebing tersebut lumayan dalam, yaitu sekitar 3 meter dengan arus yang tidak terlalu deras. Di tebing inilah kita bisa menguji nyali dan memacu adrenalin kita untuk meloncat dari atas tebing tersebut. Ane sendiri nyobain, dan rasanya…..beuhhh….pas loncat rasanya jantung mau copot….pas lagi diudara serasa ga bisa ngapa-ngapain alias pasrah…..brrr…..mantabz banget dah….. Bagi yang bernyali tinggi atau bagi yang ingin menunjukkan bahwa dirinya bernyali, layak dicoba gan….

Setelah berpayah-payah ketika perjalanan berangkat menjelajah (karena melawan arus), ketika perjalanan baliknya kita tidak perlu berpayah-payah, cukup mengikuti arah arus air saja, tinggal mengambang saja sambil menikmati pemandangan grand canyon, tiba-tiba sudah nyampai aja di tempat pelabuhan perahu (muka grand canyon).

Gambar Rute Penjelajahan Grand Canyon

Gambar Rute Penjelajahan Grand Canyon

Bagi agan-agan yang benar-benar tertarik untuk maen ke tempat ini, sebaiknya agan memilih waktu yang tepat agar tidak kecewa. Waktu terbaik untuk bisa menikmati keindahaan objek wisata ini adalah beberapa saat setelah masuk musim kemarau. Karena jika pada musim hujan, dikhawatirkan arus sungainya deras, sehingga membahayakan untuk melakukan penjelajahan di grand canyon.

Semoga sharing dan informasi dari ane dapat bermanfaat bagi agan-agan semua….. ^__^

Categories: Alam | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: