Jobs and Salary

Hmmm,,,,,Setelah beberapa waktu terakhir off dari dunia per-blogging-an, akhirnya bisa juga meluangkan waktu untuk kembali menulis (sok sibuk mode ON). hehehe….

Oks, untuk tulisan kali ini, aq coba nulis tentang “jobs dan salary”.

Hampir semua orang menginginkan suatu pekerjaan yang “santai”, resiko rendah, tapi dengan gaji yang besar. Benarkah pekerjaan seperti itu ada? Jika ada, pasti semua orang menginginkannya. Tapi benarkah pekerjaan seperti itu ada? Ok, mari kita berfikir secara realistis.

Orang digaji tinggi (memiliki penghasilan besar) dikarenakan beberapa hal

1. Karena Resiko Pekerjaannya

Semakin besar resiko yang harus dihadapi seseorang, maka orang tersebut layak untuk mendapatkan porsi gaji yang semakin besar, terutama yang berkaitan dengan keselamatan jiwa dan raganya. Sebagai contohnya adalah gaji pilot jauh lebih besar dibandingkan dengan gaji seorang masinis ataupun sopir. Hal ini dapat dimengerti karena pilot memiliki tanggung jawab dan resiko yang lebih besar dibandingkan masinis ataupun sopir. Mengendalikan pesawat terbang jauh lebih beresiko dan dibutuhkan keahlian, kemampuan, skill, dan ketelitian yang tinggi, dibandingkan dengan masinis maupun sopir. Demikian pula halnya pekerja tambang. Memiliki gaji yang jauh lebih besar dibandingkan karyawan kantoran biasa. Hal ini sebanding dengan resiko yang harus ditanggung pekerja tambang, yang kapan saja jiwa raganya dapat terancam oleh kesalahan kecil di area pertambangan (terkait dengan keselamatan kerja).

2. Skill yang Dimiliki

Semakin tinggi skill yang dimiliki, maka peluang untuk berbuat “lebih” untuk perusahaan/institusi sangat besar, memegang peranan yang sangat penting, bahkan menjadi ujung tombak bagi perusahaan/institusi tersebut, oleh karena itu salah satu cara yang dilakukan perusahaan untuk mempertahankan resource tersebut adalah dengan memberikan gaji yang lebi tinggi.

3. Karena Beban yang Harus Ditanggung

Jangan dikira para pejabat dan para direktur-direktur yang notabene berpendapatan sangat besar tidak memiliki resiko yang besar pula. Seseorang digaji tinggi bukan hanya karena skill-nya, melainkan juga karena kemampuannya dalam me-manage stress. Tahukah kalian, semakin tinggi jabatan seseorang dalam suatu perusahaan/institusi, maka beban (tanggung jawab) yang diemban semakin besar, beban inilah yang sangat berpotensi menimbulkan stress. Seorang yang berada pada posisi ini diwajibkan untuk dapat memanajemen stress yang dihadapinya. Jika tidak, maka dapat dipastikan orang tersebut akan stress beneran. So, dapat dikatakan semakin bisa seseorang menguasai manajemen stress, maka orang tersebut pasti memiliki jabatan yang lebih tinggi dan tentunya penghasilan yang lebih tinggi pula.

4. Tingkat Pendidikan

Semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka tingkatan jabatan yang bisa dicapai pasti lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang pendidikannya lebih rendah. Sebagai contoh, orang dengan pendidikan S2 bisa mencapai kedudukan direktur, sedangkan orang dengan pendidikan S1 mungkin hanya bisa mencapai kedudukan manager.

Hal ini mungkin dikarenakan anggapan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan seseorang, maka dapat diasumsikan orang tersebut memiliki pandangan dan cara berfikir yang mungkin lebih baik dibandingkan dengan yang tingkat pendidikannya berada di bawahnya (tidak semuanya benar).

5. Berada Jauh dari Peradaban

Bekerja di tanah jawa dan di luar jawa dengan beban pekerjaan yang sama tensu saja akan mendapatkan penghasilan yang berbeda. Apalagi di luar jawanya berada di tempat-tempat terpencil. Tentu saja gaji yang diperoleh di luar jawa lebih besar dibandingkan dengan di jawa. Pertama dikarenakan biaya hidup di luar jawa yang lebih besar.

Categories: Other | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: