Cara Mengembalikan Task Manager

Seperti yang telah ane paparkan pada artikel sebelumnya yang berjudul “Cara Mengembalikan Regedit.exe (Registry Editor)”, bahwa beberapa jenis virus menyerang dan mengubah setingan pada register, salah satunya adalah register Task Manager. Gejalanya adalah ketika kita tekan Ctrl+Alt+Del, task manager tidak mau keluar / tidak muncul. Hal ini juga pernah ane alami beberapa saat yang lalu dan Alhamdulilah sekarang dah beres. So bagi temen-temen yang mengalami hal yang sama, ndak usah panik terlebih dahulu.

Ada dua cara untuk mengatasi masalah ini

1. Buat user account baru

Ini adalah solusi paling mudah dan tidak begitu repot. Tinggal bikin user account baru, kemudian user account yang lama tinggal di hapus. Dengan membuat user account yang baru, maka semua register pada user account yang baru berada pada kondisi awal (default) dan tidak terpengaruh dengan user account yang lama (yang telah dirubah oleh virus).

Cara mbikin user account : start – control panel – add or remove user account – create a new user account – tuliskan nama account yang akan dibuat dan pilihlah apakah account tersebut sebagai standard user atau administrator. Jika ingin bisa menghapus user account yang lama, maka saya sarankan pilih sebagai administrator.

2. Mengembalikan register ke setingan awal menggunakan Registry Editor (regedit.exe)

Untuk melakukan solusi yang kedua ini, syarat yang dibutuhkan adalah tools regedit.exe. Pastikan bahwa tools regedit.exe bekerja dengan baik. Cara ngeceknya : start – run – ketikan regedit – enter. Apabila setelah itu muncul windows tools regedit.exe, maka cara ini dapat dilakukan. Apabila tidak muncul dan muncul tulisan “registry editing has been disabled by your administrator”, berarti regedit.exe Anda juga telah digubah oleh virus dan solusinya telah saya bahas pada artikel “Cara Mengembalikan Regedit.exe (Registry Editor)”.

Ok, setelah tools regedit.exe terbuka, langkah selanjutnya adalah carilah direktori HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System pada regedit.exe tersebut (di bagian kiri). Setelah menemukan direktori tersebut, lihatlah di bagian sebelah kanan apakah terdapat register dengan nama DisableTaskMgr atau tidak. Jika ada, maka kita tinggal mengubah data valuenya menjadi 00000000 (double klik register tersebut, kemudian ubah nilainya menjadi 00000000).

Jika register tersebut tidak ada, maka kita harus menambahkannya sendiri, yaitu dengan cara : klik kanan – new – dword (32-bit) data – rename nama register tersebut dengan DisableTaskMgr – double klik register tersebut dan manukkan nilai 00000000 pada data value-nya.

Close regedit.exe dan restart PC, kemudian silakan di cek apakah task manager sudah kembali muncul atau tidak.

Yupz, demikian sharing-sharing dari ane, semoga dapat membantu. Selamat mencoba. Good Luck…. ^_^

Categories: Komputer | Leave a comment

Post navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: