Masjid Al Irsyad (Masjid Kota Baru Parahyangan), Simpel, Elegan, Simbolik, Go Green

Masjid Al-Irsyad, masjid yang diresmikan pada tahun 2010 ini dibangun di daerah perbukitan di dalam kompleks perumahan elit Kota Baru Parahyangan. Selain dibangun di daerah perbukitan yang notaben-e memiliki lingkungan yang masih cukup asri, sejuknya udara pegunungan, dan pemandangan alam yang bagus, masjid ini dibangun dengan arsitektur yang sangat unik. Pertama kali saya mengunjungi masjid ini, kesan yang langsung muncul adalah kesan simpel, elegan, go green, serta sarat akan simbol-simbol islam. Kemudian ketika memasuki masjid, persaan yang muncul adalah ketenangan dan kedamaian, sungguh suasana yang sangat bagus untuk beribadah.

Berikut adalah beberapa point yang menjadi daya tarik dari masjid Al Irsyad ini.

Memiliki bentuk yang unik, jika dilihat sekilas, maka kita tidak akan mengira bahwa bangunan yang berbentuk kubus ini adalah sebuah masjid, Namun apabila kita perhatikan dengan seksama, maka kita akan mengetahui bahwa bangunan berbentuk kubus tersebut merupakan suatu masjid unik yang sangat menakjubkan dan kaya akan simbolik-simbolik islam. Bentuknya yang berbentuk kubus, mengingatkan kita pada ka’bah yang dijadikan sebagai patokan arah kiblat muslim saat beribadah sholat.

Memiliki sirkulasi udara yang sangat bagus, Ketika berada di dalam masjid, kita tidak akan merasa gerah ataupun kepanasan, padahal semua sisi masjid terbuka lebar (sisi barat, timur, utara, dan selatan semuanya terbuka). Selain letaknya di daerah perbukitan yang terkenal akan sejuknya udara sekitar, masjid ini juga kaya akan ventilasi udara. Banyaknya ventilasi udara yang diletakkan secara rapi mengakibatkan pergantian udara di dalam masjid bagus dan membuat masjid menjadi sejuk setiap saat.

Memiliki Kaligrafi Islam raksasa di setiap sisinya, Pada poin sebelumnya telah disebutkan bahwa masjid ini memiliki banyak ventilasi udara yang tersusun secara rapi. JIka kita perhatikan dari sisi luar masjid, maka kita akan dikejutkan bahwa ventilasi – ventilasi udara yang dibuat tidaklah secara asal-asalan, melainkan membentuk kaligrafi islam yang bertuliskan lafadz syahadat di dinding bagian luar di setiap sisi masjid.

Menyatu dengan alam, telah dijelaskan sebelumnya bahwa masjid ini dibangun di daerah perbukitan, yang memiliki pemandangan alam yang cukup indah. Perlu diketahui bahwa sisi arah kiblat dari masjid ini terbuka (tidak ditutup oleh dinding), ketika mengarah ke kiblat kita akan langsung melihat pemandangan perbukitan yang cukuo indah. Selain itu, masjid ini juga memiliki kolam ikan yang teletak di sekitar tempat imam dan mimbar khotbah. Unsur – unsur ini lah yang membawa efek alami, efek beribadah di alam terbuka, sehingga dapat menambah kenyamanan umat dalam beribadah.


Memiliki fasilitas refleksi kaki
, disekeliling masjid bagian dalam, diberikan ruang yang sengaja diisi dengan bebetuan-bebatuan putih yang dibiarkan bebas. Tujuannya tidak lain adalah untuk menambah kebugaran tubuh yaitu dengan melakukan reflesi kaki (berjalan – jalan di atas bebatuan – bebatuan putih tersebut). Selain mendapatkan efek refleksi, suara tumbukan antar satu batu dengan yang lain juga menimbulkan efek suara alam yang sanagt natural.

Lampu masjid bertuliskan asmaul husna, bagian dalam dari masjid ini dilengkapi dengan lampu – lampu yang ternyata setelah saya hitung, jumlahnya adalah 99 buah, dimana pada masing-masing lampu terdapat kaligrafi dari masing-masing asmaul husna.

Perpaduan warna yang “pas”, masjid ini dibangun hanya memiliki dua waena dominan, yaitu warna abu-abu dan hitam. Perpaduan warna ini sangat cocok yang menampilkan kesan yang modern, simpel, dan enak dipandang mata.

Lingkungan masjid yang bersih, lingkungan di sekitar masjid selalu dijaga tetap bersih dan rapih.

Categories: Other | 2 Comments

Post navigation

2 thoughts on “Masjid Al Irsyad (Masjid Kota Baru Parahyangan), Simpel, Elegan, Simbolik, Go Green

  1. keren bgt yah,, pengen kesini deh,, ntar lah ada waktu,, ahahahhaha

  2. pengen kesini…………

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: